Jumat, 06 September 2019

Memilih Ornamen Islami Sebagai Hiasan Hunian Menarik

Gx-Mod - Dinding rumah akan lebih terlihat menarik jika ditambah dengan hiasan-hiasan atau ornamen yang unik dan menarik. Begitu pula dalam ajaran agama Islam. Meskipun terdapat aturan mengenai dekorasi tempat tinggal, namun umat Islam boleh mempercantik hunian rumah dengan berbagai ornamen islami. 


Adapun larangan yang sudah banyak diketahui oleh umat Islam yaitu dilarang memasang hiasan yang mengandung kesyirikan. Alangkah baiknya jika hiasan yang dipasang berupa ornamen islami. Contoh yang dilarang adalah terdapat hiasan patung yang menyerupai makhluk hidup, hiasan yang memperlihatkan aurat manusia, ataupun berupa gambar figuratif hewan.




Lalu hiasan yang seperti apa yang diperbolehkan untuk dipasang oleh ajaran Islam? Ada beberapa ornamen islami yang dapat dijadikan referensi dalam memasang hiasan dan memperindah hunian rumah pastinya. Contoh ornamen islami yang dianjurkan adalah yang dapat mengingatkan penghuni rumah selalu ingat kepada Sang Maha Kuasa, seperti ornamen islami berupa kaligrafi. Yaitu karya seni tulisan yang dibuat dengan sangat indah dan pastinya membuat siapapun yang melihat akan merasa sejuk. 


Kaligrafi bergaya tulis indah apapun dapat dipasang sesuai keinginan. Bisa yang bergaya simple, atau bahkan bergaya kontemporer yang sangat indah dan terlihat mewah serta elegan. Umumnya, lafadz Allah, Nabi Muhammad SAW, dan Asmaul Husna adalah yang sering dibuat dalam bentuk kaligrafi.


Selain tulisan lafadz-lafadz tersebut adapula banyak terdapat hiasan dinding yang berupa potongan ayat Al-Quran. Biasanya yang digunakan adalah ayat kursi. Banyak yang menyebutnya sebgai ayat pelindung dari mara bahaya. Selain itu adapula surat Al-Fatihah yang bisa dibuat hiasan dinding. Yang mana didalamnya mengandung doa keselamatan dunia dan di akhirat.


Ada pula motif yang khas dari umat Islam yaitu motif geometris yang sudah menjadi ciri utama dalam hiasan ornamen bernuansa islami. Selain terlihat indah juga seperti hiasan yang mewah dan elegan. Biasanya motif ini terdapat pada hiasan teko, cangkir, vas bunga, cangkir, piring, dan lain sebagainya. Dapat ditemukan pula pada barang yang terbuat dari logam. Banyak orang memilih hiasan ini untuk memperindah ruangan mereka sehingga terlihat lebih menarik, mewah, dan elegan.


 Adapula hiasan dinding yang bertuliskan dzikir atau bacaan dzikir. Sehingga siapapun yang melihat akan  membacanya dan pastinya akan mendapatkan pahala. Selain itu, dengan memasang hiasan bacaan dzikir dapat menjadi pengingat bagi sesama muslim untuk jangan pernah lupa berdzikir dan akan selalu teringat. Karena berdzikir merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk mendapatkan ridha dari Allah.


Nah, beberapa usulan mengenai hiasan dinding yang baik dan dianjurkan kepada umat muslim untuk memperindah tempat tinggal dapat dijadikan sebagai referensi ketika bingung untuk memilih hiasan apa yang akan dipasang. Namun selain itu, sebenarnya Anda juga dapat berinovasi dan berkreasi sendiri untuk membuat hiasan dinding yang menarik lainnya. Asalkan sesuai dengan anjuran Islam dan tidak dilarang. 


Selain menambah keindahan, dapat pula menjadikan pengingat bagi umat muslim agar terus berdoa dan merasa dekat dengan Yang Maha Kuasa. Walaupun terdapat sejumlah pendapat yang melarang untuk menghias rumah, namun jika masih dalam batas yang wajar dan tidak melenceng ataupun tidak sampai menggunakan hiasan yang dilarang, maka mendekorasi rumah bisa saja dilakukan dan bukan berarti membuat tempat tinggal tersebut kosong tanpa hiasan sedikitpun. Dengan adanya hiasan pastinya akan menambah kenyamanan di dalam rumah tersebut.


Itu tadi ulasan mengenai cara memilih ornamen islami untuk hiasan rumah. Untuk artikel lainnya mengenai desain, dekorasi dan aksesoris properti dapat dilihat secara lengkap di artikel.rumah123.com


EmoticonEmoticon