Kamis, 24 Oktober 2019

5 Peluang Usaha Sampingan yang Menggiurkan bagi Karyawan


Mencari lowongan pekerjaan di era modern memang susah-susah gampang. Anda bisa menciptakan potensi lapangan pekerjaan dibandingkan bekerja pada orang lain. Namun, keterbatasan modal sering menjadi alasan seseorang hanya puas menjadi karyawan saja. Eh, jangan patah semangat dulu sebab Anda tetap bisa mencoba usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Siapa tahu Anda bakal sukses memiliki double income, bukan?

Peluang Usaha untuk Karyawan

Untuk memulai langkah sukses Anda sejak dini, ada baiknya mencoba peluang usaha yang bisa memberikan penghasilan sampingan berikut ini. 

1.    Jasa Laundry

Anda bisa memaksimalkan potensi kebutuhan jasa laundry di era Millenial. Banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci atau menyetrika pakaian karena tingkat mobilitas yang tinggi dewasa ini. Anda bisa mengambil peluang bisnis ini dengan mendirikan usaha laundry rumahan. Pilih target pasar yang potensial seperti para pekerja kantor, mahasiswa atau pelajar yang notabene sibuk. 

Anda bisa membuka bisnis laundry pakaian dan sepatu yang bisa meraup untung lumayan. Jemput bola usaha Anda dengan menawarkan layanan delivery order kepada pelanggan. Anda juga harus mempertimbangkan rekrut SDM yang berpengalaman untuk membantu menjalankan usaha ini. 

2.    Toko online

Bisnis sampingan yang paling mudah dan banyak dijalankan karyawan adalah toko online. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai langkah pertama menjadi pebisnis online. Cukup siapkan gadget dan kuota internet untuk mulai mempromosikan produk atau jasa Anda. 

Jika dana benar-benar terbatas, Anda bisa memanfaatkan momen digital untuk menjadi reseller atau dropship. Anda hanya perlu memilih supplier yang berkualitas sebagai pemasok barang yang Anda jual di internet. Pilih produk atau jasa yang memiliki market cukup besar seperti fashion, alat elektronik atau gadget, dan lain-lain. 

3.    Pulsa dan kuota data

Usaha sampingan bagi karyawan yang sibuk di kantor adalah bisnis pulsa dan kuota data. Anda bisa melakukan transaksi pembelian pulsa, kuota data atau jasa PPOB bayar listrik, tagihan PDAM, transfer dana, dan lain-lain lewat ponsel pintar saja. Jadi, transaksi bisa Anda lakukan kapan saja bahkan jam istirahat kantor.
Anda bisa mencari informasi lebih lengkap mengenai supplier yang profesional sehingga potensi transaksi trouble sangat minim. Jangan lupa untuk memberikan harga yang bersaing agar bisnis Anda bisa berjalan lancar. 

4.    Jasa sewa kamera

Semua orang mulai gemar fotografi sejak era modern ini. Sewa kamera merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu Anda harus menyiapkan modal agak banyak untuk memulai bisnis ini. Potensi sewa kamera digital, DSLR atau mirrorless sangat besar. Banyak orang yang suka foto selfie atau ingin menjadi selebgram, influencer dan youtuber. 

Untuk meminimalisir kerugian sewa kamera, Anda bisa memberikan persyaratan tambahan dalam perjanjian sewa. Pastikan pelanggan menjaga kamera dengan baik dan siap mengganti kerugian jika kamera mengalami kerusakan selama dalam masa sewa. Sebuah peluang usaha potensial yang tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda, bukan?

5.    Menjadi broker properti dan kendaraan bermotor

Siapa yang tak ingin berkecimpung di bisnis properti yang memiliki prospek bertumbuh sepanjang masa? Ya, Anda bisa mencoba terjun ke bisnis ini dengan menjadi broker atau perantara saja. Memanfaatkan media internet untuk mendapatkan banyak informasi terkait penjualan properti seperti tanah, rumah, apartemen, dan lain-lain. 

Anda bisa bekerja sama dengan perusahan properti untuk menjadi broker online. Coba manfaatkan keahlian komunikasi Anda untuk mendapatkan komisi berapa persen dari nilai jual properti. 

Selain bisnis properti, peluang usaha yang bisa Anda coba untuk dapatkan tambahan penghasilan adalah broker kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat sudah bukan barang mewah lagi. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan kendaraan bekas pakai. Nilai komisi yang diberikan beragam terkait ketentuan yang telah Anda sepakati dengan penjual kendaraan. 

Tentu ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa Anda coba lakukan diluar jam kantor. Memanfaatkan waktu luang untuk mendapatkan penghasilan, kenapa tidak? Potensi mendapatkan double income bisa memberikan kesempatan Anda untuk menabung lebih banyak. Selain itu, Anda memiliki pengalaman dan wawasan untuk terjun ke bisnis sepenuhnya setelah resign atau  menikmati masa pensiun nanti.


EmoticonEmoticon