Kamis, 31 Oktober 2019

Tak Punya Toko, Bukan Berarti Tak Bisa Jualan

Gx-Mod - Menjadi pekerja pada sebuah perusahaan terkadang memang jalan yang aman karena bisa mendapatkan pendapatan yang tetap. Meski demikian pekerjaan tersebut tidak menjadi cita cita jangka panjang semua orang. Sehingga menjadi interpreneur menjadi jalan keluar dan yang banyak dilakukan adalah toko online. Keberadaan ekspedisi seperti ninja xpress merupakan salah satu penyebab hadirnya banyak bisnis tanpa toko. Simak ulasannya berikut.





Menimbang Kelebihan Jualan Tanpa Toko, Toko Online

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Meskipun tidak memiliki toko bukan berarti tidak bisa menjadi enterpreuner yang berjualan dan memiliki jangkauan luas. Justru toko online ini memiliki jangkauan yang tidak terbatas. Semua orang bisa mengakses asalkan memiliki internet serta media yang memadai.  Tidak hanya di Indonesia saja, namun hingga ke berbagai lapisan dunia. Meskipun terbentang jarak yang luas, namun tidak menjadi penghalang untuk melakukan transaksi.

2. Tidak Memerlukan Tempat

Seperti judulnya, memiliki toko tidak perlu memiliki toko karena toko online tidak membutuhkan tempat untuk tempat transaksi dan menata produk. Akun sosial media dan juga toko pada merketplace merupakan toko yang sesungguhnya dalam bisnis online. Menyenangkannya lagi toko ini dapat di kontrol melalui gadget darimana saja dan kapan saja. Meskipun sedang dalam perjalanan atau saat sedang berdiam diri dirumah tetap bisa memantau toko.

3. Mudah Untuk Dijalankan

Toko online bisa dijalankan oleh siapa saja tidak peduli usia atau jenis kelamin. Selama orang tersebut mampu untuk mengoperasikan internet maka bisa untuk membuka toko online. Karena cukup memiliki akun sosial dan mendaftarkan diri di beberapa marketplace sudah bisa membuka toko online. Apalagi kini sudah banyak anak anak yang berbisnis online dan ternyata mampu serta memiliki pasarnya sendiri.

Apalagi memiliki toko online dalam pengoperasiannya memiliki waktu yang sangat fleksibel. Tidak ada batasan jam dalam dunia online, sehingga anda tetap bisa melakukan proses jual beli kapanpun dan dimanapun. Anda hanya perlu melakukan pengiriman barang pada siang hari. Namun kini juga sudah ada ekspedisi yang menawarkan layanan jemput seperti ninja xpress. Bahkan pendatang baru ini juga menyediakan pembayaran secara COD.

4. Modal Usaha Tidak Besar

Modal usaha menjadi salah satu kendala apabila ingin memulai sebuah usaha. Berbeda dengan toko online yang membutuhkan modal usaha yang tidak terlalu besar bahkan ada pula yang tanpa modal. Toko online tanpa modal ini bisa didapatkan dengan sistem reseller atau dropsip. Dimana pemilik akun hanya menjualkan barang dan tidak memproduksinya sendiri. Reseller hanya harus menyetok barang yang bisanya lebih sedikit dan hanya jadi contoh saja.

Tidak perlu menyewa tempat karena bisa tetap berjualan melalui teknologi saja. Sehingga modal yang dibutuhkan tidaklah banyak. Hanya perlu untuk memiliki gadget yang memadai dengan akses internet yang lancar. Selain itu komunikatif juga menjadi modal selanjutnya yang harus dimiliki oleh penjual online. Karena pelanggan cenderung akan nyaman jika diberikan pelayanan yang baik.

5. Produk yang dijual bervariasi

Hal inilah yang membuat banyak pelanggan yang sebelumnya menyukai belanja offline menjadi berpindah ke online. Toko online memiliki produk yang lebih bervariasi bahkan bisa dilakukan import dengan melakukan PO terlebih dahulu. Dalam satu akun bisa menjual beranekaragam barang dan mendapatkan dari banyak agen. Harga juga bisa ditentukan sendiri dengan kemampuan marketing yang mumpuni.

Saat ini menjadi seorang pengusaha tidak harus memiliki modal usaha yang besar. Banyak peluang bisnis yang menjanjikan selama bisa lebih jeli. Toko online menjadi salah satu usaha yang menjanjikan karena kini manusia modern lebih memilih akan praktis dan menghemat waktu. Mencari beragam kebutuhan hanya dengan klik sana klik sini kemudian barang sudah ada ditangan.


EmoticonEmoticon