Kamis, 05 Desember 2019

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Bayi



Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Bayi. Kesehatan keluarga merupakan hal yang paling utama. Bayi merupakan usia yang masih sangat rentan dan saat menderita sakit harus berhati-hati memberi obat. Obat-obatan tradisional banyak dipilih oleh sebagian orang tua untuk mengobati sakit bayinya karena lebih aman. Salah satu bahan tradisional yang sering dipakai untuk pengobatan yaitu minyak kelapa.

Minyak kelapa murni memiliki kandungan yang berkhasiat sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat minyak kelapa ini dapat diberikan untuk bayi. Jika sakit pada bayi tidak terlalu parah atau sebagai pertolongan pertama dapat menggunakan minyak kelapa yang murni. Minyak kelapa murni dapat dibuat sendiri di rumah atau membeli yang sudah jadi.

Jika minyak kelapa diberikan untuk kulit bayi sebaiknya dilakukan tes alergi terlebih dahulu. Ini sangat penting agar kulit bayi yang sakit tidak menjadi lebih parah. Cara tes alergi adalah mengoleskan sedikit minyak kelapa ke permukaan kulit bayi bagian punggung tangan. Untuk memastikan dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali. Jika tidak terjadi alergi seperti ruam kulit maka minyak kelapa aman sebagai obat untuk bayi.

Kulit bayi yang halus masih sangat sensitif dan rentan terhadap alergi. Untuk beberapa bayi mungkin minyak kelapa dapat memberikan manfaat tetapi pada sebagian bayi yang lain malah memberikan alergi berupa ruam. Kulit bayi yang halus dan mulus terkadang mengalami suatu penyakit dan sering membuat bayi tidak nyaman. Berikut manfaat minyak kelapa untuk membantu mengobati penyakit di kulit bayi.

Meredakan Ruam Popok

Ruam popok sering dialami oleh bayi akibat pemakaian popok yang bahannya kurang cocok. Ruam popok juga dapat disebabkan karena popok yang sudah penuh tidak segera diganti. Kebersihan di area kulit bayi terutama daerah genital harus benar-benar diperhatikan karena kulit bayi masih sangat sensitif. Namun jika bayi mengalami ruam popok yang ditandai dengan kulit kemerahan maka cukup mengoleskan minyak kelapa murni. Oleskan lagi jika terlihat minyak sudah mengering.

Menghilangkan Kulit Kering

Bayi bisa saja mengalami kulit kering terutama di area kulit kepala. Untuk menghilangkan kulit kering pada bayi sebaiknya menggunakan minyak kelapa murni. Manfaat minyak kelapa ini juga dapat membantu melembapkan kulit bayi dengan aman.

Mengurangi Gatal Akibat Gigitan Serangga

Kulit bayi yang mulus terkadang terkena gigitan serangga. Yang paling sering adalah digigit nyamuk. Akibat gigitan serangga ini biasanya timbul rasa gatal dan sering membuat bayi rewel. Untuk mengurangi rasa gatal ini dapat dioleskan sedikit minyak kelapa di area bentol gigitan serangga.

Melindungi Sinar Matahari

Sinar matahari sebaiknya tidak langsung terkena ke kulit bayi. Biasanya bayi akan dijemur di bawah sinar matahari pagi. Menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi bermanfaat untuk mencegah penyakit kuning dan memproduksi hormon melatonin. Agar kulit bayi menjadi terlindung akan lebih baik jika menggunakan minyak kelapa sebelum menjemurnya.

Membuat Bayi Lebih Rileks

Bayi yang rileks akan berpengaruh pada pertumbuhannya. Tidur-pun menjadi lebih nyenyak. Selain itu, bayi juga tidak mudah rewel. Untuk membuat bayi rileks sebaiknya memijat bayi secara berkala yang dapat dilakukan sendiri oleh orang tuanya. Minyak kelapa yang dipakai untuk memijat berkhasiat untuk membuat bayi rileks, tenang dan menghaluskan kulit.  

Manfaat minyak kelapa bagi kulit bayi sangat banyak. Mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit bayi dapat membuat kulitnya menjadi lebih halus dan lembab. Yang paling penting adalah selalu menggunakan minyak kelapa murni agar kulit bayi tidak mengalami iritasi.


EmoticonEmoticon