Sabtu, 28 Maret 2020

Tips Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan, Efektif dan Aman



Bagi wanita yang baru melahirkan, momok menakutkan yang akan dihadapinya salah satunya adalah perut bergelambir dan tidak kencang. Hal ini memang wajar dialami wanita setelah mengandung selama 9 bulan lamanya. Setiap wanita yang sudah melahirkan pasti menginginkan perutnya cepat mengencang kembali dan stamina pulih secepatnya. Kondisi badan satu wanita dengan yang lainnya tentu berbeda- beda. Ada dari mereka yang badannya bisa cepat mengecil kembali, hanya memerlukan waktu paling lama 3 bulan saja. 

Ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mendapatkan bentuk tubuhnya kembali seperti sebelum mengandung.  Sebenarnya setelah melahirkan wanita akan otomatis kehilangan bobot tubuhnya sekitar 3 sampai 7 kg , jumlah tersebut adalah akumulasi dari berat badan sang bayi beserta plasenta dan cairan- cairan lain yang ada bersamanya. 

Tapi jumlah ini tentu belum sepenuhnya bisa mengembalikan kembali berat badan dan bentuk tubuhmu seperti semula. Apalagi untuk membuat perut kembali kencang dan rata tentu membutuhkan waktu yang agak lama dan kesabaran yang ekstra. Agar perut kembali rata dan kencang ada tips- tips praktis yang efektif dan tetap aman di lakukan pasca melahirkan .

-          Menyusui bayi dengan rutin
Bunda, ternyata menyusui bisa membantu membuat perut kembali kencang dan rata. Menyusui bisa membantu membakar 500 kalori per hari, wanita yang rutin menyusui bayinya setiap hari pasti akan lebih cepat turun berat badannya daripada yang memberikannya dalam botol. menyusui ternyata juga sama seperti olahraga, kegiatan ini bisa membuat semacam kontraksi penarikan pada dinding rahim dan membantunya kembali ke ukuran semula. Namun bukan berarti harus sering- sering menyusui ya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter jika ingin melakukan tindakan ini agar hasil yang di dapatkan bisa maksimal dan tetap aman bagi ASI si kecil.    

-          Menjaga asupan makanan
Bukan hal mudah untuk menjaga pola makan pasca melahirkan, pasalnya ibu yang baru merasakan proses melahirkan akan sering mengalami lapar dan ingin terus mengunyah. Cara yang efektif agar mau berbenah adalah menyisipkan sedikit demi sedikit makanan yang bernutrisi ke makanan pokok. Bunda bisa mencoba mengonsumsi protein, karbohidrat, buah - buahan, sayur- sayuran sampai biji - bijian , serta berbagai makanan tinggi serat lainnya. Cara ini lebih aman dibandingkan harus melakukan diet ekstrem yang terlalu membahayakan kesehatan ibu dan anak yang sedang membutuhkan ASI. 

-          Olahraga teratur
Hayo yang malas berolahraga harus mulai membiasakan diri untuk olahraga setiap hari. Olahraga dinilai ampuh bukan hanya untuk mengecilkan perut saja, namun juga bisa membantu mengencangkan kembali dinding- dinding perut yang bergelambir. Lakukan olahraga ringan dahulu seperti menggendong bayi, walaupun sepele ternyata ini bisa menjadi tips mengecilkan perut loh, nah selanjutnya bunda bisa mencoba olahraga lain seperti yoga atau aerobic, namun tunggu sampai keadaan memungkinkan ya, bisa konsultasikan dengan dokter kepercayaanmu kapan waktu yang tepat untuk mulai olahraga berat dan jenis olahraga apa yang cocok.

Bentuk tubuh sehabis melahirkan memang dirasa mengganggu, namun yang terpenting adalah kesehatan ibu dan bayi, suami tentunya juga berpengaruh banyak untuk membantu ibu mendapatkan kembali bentuk tubuh yang diinginkannya. Hasil yang di dapat tentu akan berbeda- beda tergantung genetik bawaan dari tubuh bunda, langkah apapun yang diambil sebaiknya konsultasikan dahulu dengan suami dan dokter yang dipercaya agar tidak berpengaruh negatif pada ASI dan kesehatan bunda dan bayi.


EmoticonEmoticon